Minggu, 03 Mei 2020

Dasar Menulis: Kata, Kalimat, dan Paragraf


Alhamdulillah, berbahagia sekali pada malam hari ini kita masih bisa mengikuti Grup Belajar Menulis secara on line.  Bapak dan ibu guru yang cerdas dan mudah-mudahan menjadi penghuni surga, berkah hidupnya, dan panjang umurnya, pada kesempatan ini kita akan belajar bersama nara sumber hebat yang akan menjadikan kita  sebagai guru yang penuh motivasi.  Kita berharap dengan momentum saat ini dimana anak-anak sedang belajar di rumah guru pun seharusnya belajar kembali bagaimana memiliki seni menyampaikan, memiliki seni untuk dicintai, dirindukan oleh anak didiknya sehingga pembelajaran  menjadi lebih menarik.



Sekilas Biografi Bapak Aris Ahmad Jaya

Aris  Ahmad Jaya, Motivator Character Building Nasional dengan Audien lebih dari 5.000.000 orang di seluruh Indonesia, kelahiran Pati, 23 Februari 1974.
Aris Ahmad Jaya Lebih dikenal sebagai Master Sugesti Indonesia dengan spesifikasi training AUTO SUGESTI POWER (ASP) yaitu training MOTIVASI yang terbukti dan teruji  bagaimana manusia menemukan keyakinan diri dengan mengoptimalkan kekuatan Pikiran, Perasaan, Perkataan dan Perbuatan menuju hidup sukses, bahagia dan mulia . Kesuksesan selalu diawali dari kekuatan Sugesti yang kuat, dilanjutkan perencanaan yang matang, Action yang Fokus dan siap dengan resiko (konsekuensi terbaik dan terburuk) menuju ridho Allah SWT.
Gelar Kesarjanaan  Aris Ahmad Jaya diperoleh dari Institut Pertanian Bogor. Selain sebagai Trainer dan Motivator Nasional Aris Ahmad Jaya adalah CEO PT ABCo Sugesti Motivatindo, Aris Ahmad Jaya juga sebagai penulis buku buku motivasi best seller.


Yuk kita ikuti paparan Bapak Aris Jaya
Berdasarkan kinerja membagi ada tiga tipe yaitu guru yang pertama adalah nyasar yang kedua bayar dan yang ketiga sadar.

Yang pertama adalah guru nyasar.  
Guru nyasar adalah guru yang tidak punya tujuan tidak punya arah.  Dia menjadi guru yang menyesatkan. Mengapa murid-murid bisa membenci pembelajaran karena gurunya saat ini tidak berenergi. Murid-murid bisa membenci apa pun yang disampaikan oleh gurunya. 

Yang kedua guru bayar.  
Dia adalah guru yang energinya terkait dengan finansial.  Dia bekerja karena ada gaji dan sebatas bekerja karena ada urusan finansial yang diperoleh.  Guru bayar ini kadang-kadang mengajar berdasarkan energi uang. Guru semacam ini adalah guru yang tidak konsisten.  Kadang ketika tanggal muda semangat wajah cerah, antusias karena mungkin ada finansial yang cukup, habis gajian ada sertifikasi.  Guru bayar saya sarankan segera sadar karena banyak murid pada dasarnya harus yang mendapatkan inspirasi keilmuan tapi mendapatkan guru yang on off, kadang semangat kadang , kadang bagus kadang tidak. Ini akan menjadikan murid tidak mendapatkan figur yang benar-benar mampu menginspirasinya.

Ketiga  adalah guru sadar, 
seorang guru yang kehadirannya menjadikan murid-murid mencintai dirinya, mencintai pelajarannya dan mencintai kehidupan. Karena apa pun yang keluar dari mulutnya adalah kata-kata yang mampu menyadarkan pembelajaran menjadi menyenangkan. Keilmuan menjadi mengasyikkan.  Kehadirannya adalah keadaan yang menyenangkan. Kepergiannya adalah kepergian yang dirindukan.  Karenanya mengajar gaya motivator adalah sebuah teknik bagaimana anda mampu menjadi seorang pendidik atau menjadi seorang guru yang sadar, menyadari sepenuhnya bahwa profesi ini adalah profesi yang mulia.


Berdasarkan niat, seseorang menjadi guru ada dua yaitu :
Pertama adalah guru betulan.
Kedua adalah guru kebetulan.

Guru betulan adalah guru yang memang dari awal ingin menjadi mendidik mengajar dan ingin menjadi guru.  Guru betulan ini memang seorang guru yang diidamkan. Guru yang memiliki energi untuk mengajar energi untuk bertemu dengan siswa dan untuk mengeluarkan keilmuannya kepada anak didik. Guru betulan memang guru yang diidamkan.

Namun ternyata ada sebagian guru yang kebetulan yaitu kebetulan ada lowongan menjadi pengajar maka ia menjadi guru, kebetulan lulus dari universitas sambil menunggu pekerjaan maka dia menjadi guru seterusnya.  Kebetulan juga ada yayasan orang tua yang butuh guru karena minim sehingga mau tidak mau harus melanjutkan impian orang tua menjadi pendidik di yayasan tersebut.  Selain itu, kebetulan ada teman yang mengajak daripada menganggur lebih baik menjadi guru terus menerus.

Ada lima langkah yang bisa dipraktekkan untuk mengajar gaya motivator yang mampu menjadi guru yang dicintai, guru yang dirindukan dan guru yang menginspirasi serta guru yang menjadikan murid murid anda mencintai anda dan mencintai ilmu yang anda bawa. 

Ada peran guru yang terkadang kita tidak memerankannya dengan utuh.  Peran yang pertama adalah mengajar, peran yang kedua adalah mendidik, peran yang ketiga adalah menginspirasi, dan peran yang keempat adalah menggerakkan.

Terkadang kita lebih fokus pada peran pertama yaitu mengajar. Memindahkan keilmuan yang ada di otak kita ke otak murid kita. Memindahkan kurikulum yang ada ke pikiran murid kita.  Jadi kalau guru hanya sekedar mengajar maka anda akan kalah dengan metode dan pola-pola hari ini. Mereka bisa online, mereka bisa belajar dari youtube. Bahkan sekarang sudah ada kelas kelas online yang memungkinkan murid -murid bisa belajar keilmuan tanpa kehadiran guru.

Saya ingin anda masuk ke long zona berikutnya yaitu mendidik.  Tentu guru menjadi idola menjadi teladan menjadi contoh guru sendiri dari dua kata digugu dan ditiru diharapkan ketika anda masuk ke ranah mendidik maka anda bisa memasukkan nilai-nilai norma. Norma baik yang bisa dipeoleh anak didik kita dalam keseharian misalnya kedisiplinan, kejujuran, bisa dipercaya, berbagi, bekerja sama, berkomunikasi, memudahkan urusan orang lain, menolong, membantu.

Langkah-langkah mengajar gaya motivator ini  mudah-mudahan mampu mengubah cara berfikir serta pola laku anda dalam mengajar anak.

Langkah yang pertama adalah jadilah guru yang menarik dan menyenangkan. Dengan menarik, anda memiliki daya tarik, dengan menyenangkan anda memiliki daya yang menjadikan murid anda merindukan anda. 

Untuk menjadi guru yang menarik anda lakukan tiga langkah sederhana.

Pertama persiapkan diri anda dengan latihan sebanyak mungkin bagaimana  menjadi pribadi yang menarik.  Contohnya dari sisi penampilan.  Anda adalah seseorang yang memang mempersiapkan penampilan terbaik karena anda adalah sosok yang menarik.  Dari segi berperilaku anda juga sosok yang menarik hingga murid anda menilai anda bukan sekedar ketika anda di dalam ruangan tapi juga ketika anda di luar ruangan.

Pintu mengizinkan dan pintu tidak mengizinkan sebagian orang mungkin asing dengan istilah ini. Namun ini adalah salah satu istilah favorit Pak Aris ketika memberikan materi training secara off line agar para peserta khususnya guru mudah memahami.  Makna pikiran mengizinkan pikiran pintu terbuka adalah manakala siswa siswi anda mengizinkan anda. Mereka senang dengan anda.  Mereka nyaman belajar dengan anda.

Pintu tidak mengizinkan adalah pintu tertutup di mana mereka tidak suka dengan pembelajaran anda.  Tidak menyukai anda.  Intinya adalah menolak bagaimana pintu mengizinkan itu terbuka untuk anda.  Saya coba memberikan sebuah pembelajaran sederhana bagi anda, sebelum mereka menerima pelajaran anda.  Maka murid anda harus menerima pembelajaran apapun yang anda bawa.  Kurikulum apa pun yang anda beri.  Materi apa pun yang anda suguhkan.  Syarat pertama yang harus anda pahami adalah harus menerima anda.  Agar mereka mau serta mampu menerima anda syaratnya adalah mereka mengizinkan anda.  Sesungguhnya untuk diizinkan maka anda harus menjadi pribadi yang menyenangkan.  Untuk menyenangkan anda harus mampu untuk memahami bahwa mereka adalah orang yang beda dengan anda. 

Ketika anda mengajar anak TK anda harus mampu berperilaku sebagaimana anak TK.  Ketika anda guru SD harus memahami bagaimana kondisi anak SD kekiniaan.  Karena SD kekinian beda dengan SD masa kita dulu. Jadi jangan paksa mereka untuk mengerti anda.  Tetapi anda harus mampu mengerti mereka mampu mengubah di menjadi me, dihargai menjadi menghargai, ingin dilayani menjadi melayani. Ketika anda mampu mengerti bahwa anda diterima harus diizinkan anda harus diberikan peluang untuk bersama dengan mereka.  Maka kunci yang pertama ini harus anda kuasai anda harus menjadi pribadi yang menyenangkan. Murid anda lebih menyukai apa yang menyenangkan daripada apa yang penting tapi tidak menyenangkan atau sesuatu yang menarik lebih diterima oleh mereka daripada sesuatu yang penting tapi tidak menarik.  Jadi sekali lagi para guru hebat Indonesia belajarlah secara terus menerus menjadi yang menyenangkan sehingga anda  diterima anda benar-benar diizinkan.  Pikiran mereka terbuka untuk anda. Dengan demikian anda telah berhasil melakukan langkah pertama menjadi pribadi yang menyenangkan.  Pintu terbuka untuk anda.  Murid anda menerima apa pun yang anda bawa.

Contoh murid yang memberikan pintu mengizinkan untuk anda.
Pertama anda masuk dalam sebuah kondisi yang senyum pastikan bahwa permasalahan anda itu bukan permasalahan mereka. Kalaupun anda punya masalah dengan suami dengan istri dengan teman itu bukan masalah murid anda.  Jadi pastikan anda masuk dalam kondisi nyaman minimalnya adalah senyumlah senyum satu dua dua lima dari hati dua senti kanan dua senti kiri cukup lima detik.
Kedua anda sapa mereka dengan salam yang berbeda.  Kalau selama ini anda mengatakan salam langsung Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.. maka mereka belum siap.


Coba anda ganti dengan format seperti berikut:
Semoga siswa yang jawab salam saya cerdas otaknya. Mereka akan menjawab amin.
Semoga yang menjawab salam saya mendapatkan nilai terbaik dan naik kelas dengan rapot yang memuaskan.

Semoga salam saya menjadikan manusia yang berguna, bermanfaat bagi agama, bagi negerinya dan juga bagi keluarganya.
Semoga yang menjawab salam saya otaknya jenius cerdas dan mudah mempelajari pelajaran yang akan saya berikan hari ini.

Setelah itu anda baru saja asalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.. nah pasti mereka menjawab anda.
Daripada anda masuk dalam kondisi manyun, langsung mengucap,” Assalamualaikum siapa yang belum mengerjakan PR. Acungkan jari.. maaf yang belum mengerjakan PR, silakan keluar!” Akhirnya mereka keluar semua dan anda mengajar bangku kosong.
Karena anak zaman sekarang ini mengerjakan PR tidak terlalu nyaman. Itulah kenapa Finlandia tidak memberikan PR karena mereka tahu.  Kalau anak suka dengan pelajaran maka jika tidak dikasih PR, mereka akan belajar.


Jadi yang pertama adalah masuk dengan tersenyum, menyapa dengan salam, yang ketiga berikan apresiasi.  Anda bisa mengucapkan begini ;

1.      “Anak- anak sekalian terus terang saja saya suka mengajar kalian, Saya seneng ngajar kelas ini.  Saya bahagia bertemu dengan kelas ini”.

2.       “Dari sekian banyak kelas yang saya ajar kelas ini yang membuat saya semangat.”

3.      “Saya bangga menjadi guru kalian.
 Itulah beberapa kata-kata yang mungkin bisa anda ungkapkan daripada anda datang marah- marah emosi.  Coba senyum kemudian anda salam dengan cara yang diajarkan ini.

Kemudian yang berikutnya anda bisa mengucapkan : “Terima kasih, saya terus terang saja senang mengajar kelas ini.  Dari sekian banyak kelas yang pernah saya ajar, kalian yang menjadikan saya berenergi atau menjadikan bapak berenergi atau menjadikan ibu berenergi.” Dengan begitu, mereka kaget, “ Wow guru saya sudah berubah nih, tumben!” kata mereka.

Coba dipraktekkan anda masuk dalam kondisi senyum menunjukkan bahwa anda menguasai masalah anda.  Yang kedua anda salam dengan salam sapaan yang berbeda, dan yang ketiga apresiasi anda.  Ungkapkan bahwa anda senang bersama dengan mereka.  Apresiasi, hargai jadi dengan cara ini anda akan menjadi sosok yang diizinkan.
 Berikutnya Pak Aris akan kasih contoh yang lain tips dan trik bagaimana pintu pikiran mereka terbuka untuk anda.

Bapak dan ibu guru yang cerdas tips berikutnya agar pintu mengizinkan anak didik anda terbuka untuk anda.  Sehingga mereka mengizinkan dirinya memperhatikan dan mendengarkan anda menyukai apapun yang anda bawa.  Tips  yang kedua adalah berikan simulasi-simulasi sederhana sebelum pembelajaran dimulai.   Mainkan game - game sederhana sebelum pembelajaran dimulai.  Anda bisa lakukan game tepuk, anda bisa lakukan tebakan.  Games yang bisa anda ambil dari youtube dari internet.  Insyaallah saya akan coba kirimkan kepada anda contoh contoh video ketika kami memberikan materi training pada siswa siswi sebelum pembelajaran dilakukan.

Mudah-mudahan dengan contoh ini anda akan mudah memahami dan melakukan ATM ( amati, tiru, modifikasi).  Dalam bahasa Jawa  ada 4 N yakni niteni niru nambah nambahin nemu .
Nah anda tinggal cari saja game game simulasi dari youtube kah? dari training training yang anda ikuti kah? dari buku buku game kah? maka mudah mudahan dengan demikian suasana tidak garing di awal.  Mainkan simulasi mainkan game bisa tepuk ya bisa tebak tebakan bisa gerak atau menyanyikan lagu bersama-sama. itu mungkin akan memecahkan suasana. Setelah mereka nyaman dengan simulasi-simulasi game yang anda berikan maka hormon kebahagiaan mereka akan tumbuh.  Hormon itu bernama hormon endorfin hormon yang memiliki delapan kali kekuatan lebih besar daripada morfin. Di buku the miracle of endorphin disebutkan ketika anda sudah mampu bersimulasi bermain, maka sebenarnya mereka telah mengizinkan dirinya untuk memperhatikan dan melihat anda, mendengarkan instruksi anda, mengikuti apa yang anda suruh.

Ada permainan tepuk.  “Perhatikan kalau saya tiga kali kalian tepuk sekali. Bagus keren. “Kita coba ya, kita akan coba acak focus. Generasi kalian pasti bisa, oke bagus, keren. Setiap kali anda habis memainkan game, apresiasi mereka, puji mereka, dengan kata-kata bagus, keren, hebat.
Itu yang membuat mereka semangat mencontoh. Jadi pertama anda tadi masuk dengan salam senyum sapa yang bagus, berikutnya anda mainkan simulasi-simulasi game.  Coba anda pahami resapi dulu anda. Kita akan masuk ke tips berikutnya bagaimana diizinkan.

Bapak dan ibu guru yang cerdas bahagia sukses serta mulia, insyaallah tips yang ketiga agar anak didik anda, putra putri diri anda membuka pintunya untuk anda mengizinkan.  Yang harus anda praktekkan tangkap basah kebaikan, tempa besi selagi panas artinya apresiasi prosesnya. Apresiasilah siswa siswi anda, tidak menunggu kenaikan kelas, menunggu mereka menjadi juara nasional.  Apresiasi dan hargai prosesnya ingat tangkap basah kebaikan tempa besi selagi panas. Coba anda lihat besi susah sekali ditempa kalau sudah dingin besi mudah ditempa masih sedemikian panas memerah.


Tips ini adalah tips yang luar biasa anda bisa berikan apresiasi secara personal atau apresiasi secara massal.  Ketika anda mudah mengapresiasi sesungguhnya anda mudah diterima.  Contoh sederhana ketika ada murid anda datang tepat waktu dan kebetulan anda hadir.  Anda cukup berkata kepada murid itu, “Imron keren kamu, orang yang disiplin jadi orang sukses.  Itu adalah contoh tempa besi selagi panas tidak menunggu kenaikan kelas yang dia sudah lupa melakukan itu.
Contoh yang lain ada seorang ketua kelas yang rela mengabdikan dirinya memimpin teman- temannya tanpa gaji, tanpa sertifikat.  Itu ketua kelas, ketua osis, ketua panitia, anda bisa menemui dia secara personal.  Anda bilang, “Rudi kamu ketua kelas ya, kamu calon leader masa depan karena kamu punya jiwa kepemimpinan keren, suatu hari nanti kamu jadi orang sukses karena kamu mau mengabdi untuk banyak orang.  Selamat ya Rudi…Bapak bangga dengan kamu atau ibu bangga dengan kamu.”Kata kata seperti ini akan menjadikan murid respek kepada anda. Mereka mengapresiasi anda membela anda berjuang bersama anda.
Secara massal anda bisa lakukan seperti ini, “Saya suka ya kalian itu orangnya kompak, kelas ini kompak, keren.  Saya bangga jadi wali kelas kalian.  Kelas kalian adalah salah satu kelas yang menjadi kelas favorit bagi saya.  Saya terus terang saja senang mengajar kalian.  Kalian berproses walaupun pernah remedial kalian tetap berjuang sehingga hari ini kalian semua sudah dinyatakan tuntas.  Saya bersyukur menjadi guru kalian.”


Jadi sekali lagi apresiasi, hargai.  Dengan menghargai anda dihargai, dengan melayani anda dilayani.  Anda menerima jadi bapak dan ibu.  Guru yang pelit apresiasi,pelit menghargai, maka dia sesungguhnya adalah guru yang menjerumuskan muridnya untuk menjadi murid yang tidak suka dengan guru.  Apa pun ajaran yang dibawa oleh guru menjadi pelajaran yang membosankan.  Jangan sampai anda menjadi konektor kejelekan atau konnektor ketidakberhasilan bagi murid anda.  Kalau anda mengajar sebuah ilmu dan murid anda suka dengan ilmu, anda menjadi konektor kebaikan bagi dia. Anda menjadi kebaikan masa depannya. Kalau anda adalah konektor keburukan dengan  murid anda, ia benci dengan pelajaran anda, benci dengan ilmu anda dan tentu benci dengan siapa yang memberikannya yaitu anda, maka anda telah menutup pintu-pintu kesuksesan.  Coba bayangkan kalau menurut anda tidak suka matematika maka semua pelajaran terkait dengan hitungan dia tidak suka.  Gegara anda berinvestasi ketidakbaikan di masa depan.  Anda guru bahasa inggris misalnya dan murid anda tidak suka bahasa inggris gegara penyampaian anda membosankan, menjenuhkan maka murid anda tutup untuk menyukai bahasa internasional. 

Jadi sekali lagi apresiasi.  Langkah yang pertama tadi menjadi guru yang menarik, guru yang menyenangkan sehingga tiga tips tadi ketika anda jalankan maka murid anda akan membuka pintunya untuk menerima anda.  Berikutnya menjadikan anda sebagai guru idola, guru favorit bagi dia.  Jadi kita tuntaskan dulu yang pertama dari lima langkah M G M menjadi guru menarik dan menyenangkan dengan tiga langkah tadi. Oke, salam yang baik, sapa yang benar kemudian masuk dengan simulasi-simulasi.  Menghargai mereka “ wow keren” lakukan langkah ini.  Keajaiban terjadi membersamai anda untuk empat langkah berikutnya.

Bapak dan ibu guru yang cerdas setelah kita mempelajari langkah yang pertama yaitu bagaimana anda mampu menjadi pribadi yang menarik dan menyenangkan sehingga anda diizinkan untuk menjadi bagian dari sejarah putra putri, anak didik terbaik anda.
Langkah yang kedua dari mengajar gaya motivator ini adalah langkah di mana anda mampu menjadi bagian dari pemain dan bukan sekedar penonton. Langkah yang kedua ini adalah temukan titik lebihnya dan motivasilah mereka melalui titik lebih yang mereka punya.  Temukan nilai unggulnya dan mulailah masuk melalui nilai unggul yang bersangkutan.  Temukan nilai tambah murid anda. Masuklah melalui nilai tambah mereka.
Einstein  pernah berkata, “Kalau kita memaksa seekor burung untuk berenang, ikan untuk terbang, monyet untuk melata, maka kita akan melihat kebodohan-kebodohan dari hewan tersebut.  Sama halnya seorang guru yang hebat adalah seorang guru yang memberikan kesempatan muridnya untuk unggul.  Melalui nilai unggul yang mereka miliki maka keunggulan-keunggulan yang lain akan mengikutinya.


Kenapa langkah yang kedua ini penting? karena terkadang seorang siswa akan merasa minder, rendah diri tidak percaya diri dikarenakan dia diberikan momentum yang bukan nilai lebihnya.  Dia diberikan momentum nilai kurangnya.  Ada murid anda yang kemampuan bahasanya bagus namun lemah di matematika.  Ada murid anda yang hebat di organisasi dan hubungan interpersonal sehingga dia suka aktivitas organisasi dalam kematian dan lain sebagainya namun mungkin dia lemah dalam pelajaran tertentu misalnya bahasa atau matematika. Ketika anda menyepakati hal ini maka anda akan diterima oleh murid anda.

Sebuah contoh sederhana seorang guru yang mengetahui bahwa salah satu muridnya punya kemampuan matematika yang bagus maka guru ini akan bisa diterima ketika dia masuk melalui matematika.
“Amir, matematika kamu keren, kemampuanmu berhitung bagus.  Suatu hari nanti kamu akan menjadi orang sukses karena biasanya orang pintar matematika dia mampu melakukan kejujuran dia bisa teliti.  Kamu suatu hari nanti akan menjadi orang hebat melalui matematika ini namun kamu juga harus belajar pelajaran yang lain.  Karena melalui matematika ini kamu akan mendapatkan kehebatanmu dan pelajaran lain akan menjadikanmu juga lebih cepat hebatnya.”

Jadi sebenarnya langkah yang kedua ini akan dibahas lebih detail pada slide berikutnya inti dari langkah kedua ini adalah temukan nilai tambah murid anda temukan nilai lebih siswa anda dan berikan mereka untuk menjadi seseorang berdasarkan nilai lebih dan kehebatannya. Karenanya seorang yang hebat bukanlah orang yang mampu menjadi manusia yang memaksa orang lain untuk hebat sepertinya namun seorang hebat adalah seorang mampu menciptakan dan menghantarkan kehebatan generasi setelahnya.  Karena memberikan momentum-momentum hebat bagi anak muridnya. Insyaallah kita akan lanjutkan pada slide berikutnya tentang tip bagaimana anda menemukan nilai tambah nilai lebih murid murid anda sehingga anda mampu mengajar gaya motivator diterima diizinkan dan dirindukan.

Guru hebat yang dirahmati oleh Allah, saya ingin tunjukkan kepada anda tiga langkah menemukan kehebatan nilai tambah nilai dari putra putri diri anda.
Langkah yang pertama adalah anda harus mampu memberikan momentum kesempatan- kesempatan hebat dari masing masing siswa siswi anda berdasarkan nilai lebihnya.
Pembimbing Pak Aris bernama Prof Musa  dari IPB Bogor. Dia berbicara, “Yang maha dalam hidup bukan sekedar bagaimana kita mengetahui ilmu, bukan bagaimana kita terampil mengerjakan ilmu, bukan sekedar kita memiliki ekspektasi terhadap ilmu, atau memiliki kemampuan terhadap ilmu, namun sesuatu yang mahal adalah momentum yang diberikan kepada kita.”
Jadi sekali lagi momentum itu mahal karenanya, berikan kesempatan murid anda untuk menjadi duta dari sekolah anda.  Biarkan mereka mewakili teman-teman, biarkan mereka menjadi duta dari sekolah.  Anda mengajar tujuannya bukan mendapatkan juara pertama, tetapi adalah memberikan kepercayaan kepada mereka.  Mereka berharga, setiap anak harus mampu diberikan momentum kesempatan sehingga mereka menjadi merasa bermakna, merasa dipercaya, merasa bernilai.
Bapak dan ibu yang cerdas, seorang yang suka pramuka tentu akan bahagia ketika menjadi wakil pramuka dari sekolah tersebut dan dikirimkan ikut camping.  Seorang yang menyukai olahraga tertentu tentu bahagia ketika dikirimkan untuk menjadi duta sekolah tersebut untuk teman- temannya bertanding bersama sekolah lain.  Seorang yang memiliki keilmuan tertentu misalnya Matematika IPA Bahasa Inggris ataupun Bahasa Indonesia tentu akan bahagia ketika dikirimkan oleh sekolah menjadi bagian dari duta sekolah tersebut.

Momentum diberikan bukan karena dia harus menjadi juara utama. Momentum diberikan bukan karena dia harus mampu mengalahkan yang lainnya tapi momentum diberikan agar mereka merasa menjadi bagian dari sekolah itu. Jangan selalu anak itu-itu saja yang dikirimkan oleh sekolah untuk mewakili sekolah anda karena dia serba bisa misalnya.
Tapi lihatlah, bagaimana orang-orang biasa menjadi mutiara yang hebat karena dia masuk ke dalam kerang.  Pasir biasa pun akan menjadi mutiara yang hebat ketika dia diolah di dalam kerang.  Dan kerang mutiara itu adalah anda, sekolah anda.  Guru yang hebat adalah guru yang mampu menjadi kerang mutiara bagi siswa didiknya.  Karena dia senantiasa memberikan momentum- momentum hebat bagi anak didiknya.  Itu langkah yang pertama kita akan lanjutkan langkah yang kedua bagaimana kita mampu menemukan nilai tambah dan nilai lebih dari siswa siswi anda.

Bapak dan ibu guru yang cerdas saya berdoa mudah-mudahan Allah memberikan keselamatan kepada anda, kesehatan, kebahagiaan, kemuliaan dan surga Insyaallah.  Setelah langkah pertama bagaimana menghadirkan nilai tambah, nilai lebih mutiara yang ada pada anak diri anda, maka sekarang langkah yang kedua dari tips mengajarkan motivator dari menghadirkan nilai lebih dan nilai tambah murid murid anda adalah mereka menjadi bagian dari pemain bukan sekedar menjadi penonton. Biarkan mereka menjadi bagian dari sejarah kehidupannya bukan hanya menjadi seorang yang bisa bercerita. Ingatlah jadikan mereka menjadi bagian dari history yaitu sejarah bukan sekedar story.  Anda libatkan mereka untuk berpendapat, beride, bergagasan tentang sesuatu maka mereka akan ikut bertanggung jawab atas ide dan gagasannya.

Contoh sederhana anda sebagai sebagai wali kelas misalnya anda beride kepada anak murid anda di kelas tersebut. “Seandainya kalian jadi wali kelas, kira kira apa yang akan kalian lakukan untuk menjadikan kelas menjadi kelas yang hebat? atau kalau kalian diberikan kesempatan untuk mengubah kelas ini kira kira apa saja yang akan kalian ubah? atau seandainya kalian adalah kepala sekolah apakah ide-ide kreatif yang akan kalian keluarkan untuk menjadikan sekolah ini menjadi sekolah yang unggul dan hebat?

Dengan kita memberikan kesempatan seperti itu melibatkan mereka, maka mereka akan mengungkapkan ide gagasan kecerdasan emosi dan hal-hal yang mereka harapkan selama ini.  Tentu ketika ide dan gagasan ini ditampung kemudian dijalankan, maka mereka akan menjadi bagian yang bertanggung jawab atas ide dan gagasan itu.  Karena mereka merasa terlibat dalam proses perwujudan ide dan gagasan tersebut.  Ini sangat berbeda manakala ide gagasan hanya dari guru hanya dari wali kelas, hanya dari kepala sekolah tanpa melibatkan mereka.
Anda melibatkan mereka, memberikan kesempatan mereka untuk beride bergagasan maka anda juga memberikan kesempatan kepada anak didik anda menjadi bagian dari sejarah, menjadi bagian dari pelaku bukan sekedar penonton.

Orang-orang hebat bukanlah orang yang punya nilai lebih dibanding dengan orang yang ada di sekitarnya tapi orang-orang hebat adalah orang yang memiliki kemampuan menghebatkan orang- orang yang ada di sekitarnya termasuk murid muridnya.  Hal ini dikarenakan kemampuannya memberikan momentum. Yang pertama memberikan kesempatan mereka menjadi pemain dan yang terpenting adalah hargai prosesnya jangan selalu pada hasil akhir. Hargai prosesnya karena proses inilah yang akan mereka ceritakan suatu hari nanti ketika mereka sudah menjadi orang sukses.  Gagal adalah peristiwa.  Sekali lagi, gagal adalah peristiwa saya dan anda, murid anda dan semua orang di sekitar tidak pernah gagal. Yang gagal adalah peristiwanya.  Sebagai contoh seorang gadis yang menggoreng tempe dan tempenya gosong.  Yang gosong adalah tempenya bukan gadisnya.  Sekali lagi, bukan gadis yang gosong tapi tempenya gosong.
Karenanya guru motivator adalah seorang guru yang mampu melibatkan siswa didiknya menjadi bagian dari pemain dan bukan sekedar menjadi penonton dalam kehidupannya jadikan mereka memiliki history bukan sekedar mampu bercerita tentang story.
Untuk langkah yang ketiga mewujudkan nilai tambah murid anda saya akan berikan pada slide berikut ini.  Salam bahagia saya Aris Ahmad Jaya untuk anda semua.

Baik bapak ibu sekalian mungkin untuk malam ini kita belajar sampai di slide ketiga belas terlebih dahulu agar semua mudah mencerna. Pada prinsipnya kita bisa lanjutkan dalam bentuk diskusi dalam bentuk  dialog sehingga memungkinkan kalau ada pertanyaan pertanyaan bisa langsung saya jawab. Namun sebelumnya anda bisa mempelajari materi-materi saya di youtube yang telah saya upload dan akan saya berikan link di bawah ini anda dan juga like komentar agar anda mendapatkan informasi informasi tentang pembelajaran di youtube lebih interaktif karena bentuknya adalah audio video serta ada contoh contoh dari simulasi simulasi yang saya jelaskan di atas. Silahkan anda bisa follow instagram saya dan juga bisa subscribe di youtube channel.

Waktu pemaparan sudah habis, tak terasa berjalan selama satu jam.  Demikian tadi pemaparan Pak Aris dengan berbagai cara dan langkah Mengajar Gaya Motivator. Sekarang memasuki waktu diskusi antara nara sumber dan peserta.

P1
Slmat mlm Pak Aris. Bgmna memotivasi ank didik yg bandel, kurng tenang dlm ruang blajar, snang ganggu tman. Bgmna mngatasi sikap sprt ini? Trima ksih.

J1
Pada dasarnya satu atau dua orang anak di kelas yang punya tipikal mengganggu itu dikarenakan anak tersebut mmm kurang mendapatkan bisa jadi dia dari keluarga yang bermasalah atau memang dia memang sudah bermasalah anak anak yang masa bodoh biasanya memiliki dendam masa lalu atas pembelajaran sebuah pelajaran tertentu atau pada guru tertentu sebagai seorang guru yang menangani dia kita harus mampu menggali informasi tentang siapa dia mengapa dia seperti itu dan dengan melakukan pendekatan yang penuh dengan cinta tentu saja akan ada perubahan jangan nasehati dia ketika dia punya masalah karena anak yang pas masalah dinasihati akan menolak namun justru dekatilah dia sesuai dengan hobi dia dengan kesukaan dia dengan bakat yang dia miliki kalau dia bekas di pramuka misalnya atau bakal di sebuah bekal tertentu kita dekati dengan bakat yang dia miliki dengan cara masuk tersebut makamengizinkan dia akan terbuka untuk anda mudah mudahan bermanfaat tidak perlu menyerah karena bisa jadi adalah orang yang bisa menolong masa depan dia.

P2
Ari Yunanda, Sijunjung, Sumatera Barat.
Menurut Pengalaman Bapak, Apakah semua guru berpotensi untuk menjadi guru SADAR , meskipun
dengan latar belakang tipe sebelumnya sebagai  guru BAYAR dan guru NYASAR.
J2
Baik pertanyaan yang bagus dari bapak Ari Yunanda Sijunjung Sumatera Barat apakah semua guru berpotensi untuk menjadi guru sadar.  Meskipun latar belakang tipe sebelumnya adalah bayar atau nyasar semua guru berpotensi untuk jadi guru sadar. Itu sangat terkait dengan bagaimana dia meluruskan niat, meluruskan keinginan yang kuat.  Karena pada dasarnya guru sadar sangat terkait dengan latar depan bukan latar belakang.  Latar belakang bisa jadi dia dari latar bukan keguruan keilmuannya mungkin bisa jadi tidak sesuai dengan yang diajarkan saat ini. Namun karena dia sadar dia mau belajar memperbaiki diri.  Belajar metode-metode yang tepat kemudian dia belajar banyak ilmu maka dia bisa menjadi seorang guru sadar.
Seorang guru yang bayar atau nyasar susah untuk menjadi guru sadar manakala dia tidak berani keluar dari zona kenyamanan mereka.  Sekali lagi guru sadar adalah seorang guru yang memiliki sebuah niat yang mulia bukan sekedar bayaran, bukan sekedar mengisi waktu luang dan insyaallah guru- guru yang punya potensi terus belajar mengabdi, melayani, berkontribusi. Lambat laun dia akan menjadi seorang guru sadar yang dirindukan, dinantikan dan menjadi inspirasi bagi murid muridnya.  Insyaallah mudah mudahan pak ari nanda dan semua yang ada di grup ini menjadi guru sadar yang hadirnya menyenangkan pulang dirindukan terima kasih.

P3
Ass wr wb Bp Mr Sugesti Indonesia,
Bertanya, kata Francis Bacon pengetahun adalah kekuatan namun yg benar adalah penget adalh
kekuatan saat diterapkan, nah bgmn jika dikaitkan dg MGM
Bu Iez Lumajang

J3
Baik pertanyaannya bagus pengetahuan adalah kekuatan namun yang bener adalah pengetahuan kekuatan saat diterapkan betul semua ilmu akan menjadi nyata manakala di aplikasi dan bukan berada di rak perpustakaan di lab penelitian semua keilmuan pada dasarnya sepuluh persen ide sembilan puluh persen aksi aksi inilah yang menjadikan sebuah pengetahuan menjadi bermanfaat karenanya guru guru hebat pada dasarnya adalah guru guru yang mempraktekkan mengaplikasikan dan memperbaiki serta mengevaluasi diri sehingga mampumenjadi guru yang diidolakan oleh anak didiknya saya sepakat pengetahuan yang hebat adalah pengetahuan yang diterapkan sehingga memiliki sebuah kekuatan terima kasih.

P4
Selamt malam pak Aris, kali ga salah dengar sepertinya label hampir sama dengan apresiasi ya,
apa petbedaanya, apa perbedaannya? Lusia

J4
Baik pertanyaan tentang label sama dengan apresiasi label adalah bagian dari apresiasi jadi di antara cara mengapresiasi adalah memberikan label positif jadi apresiasi itu banyak cara di antaranya adalah memberikan label atau di antara yang lain adalah menghargai dengan segera ketika proses berjalan tidak menunggu hasil akhir atau memberikan peluang kepada mereka untuk menjadi duta sekolah nah itu adalah bagian bagian contoh dari apresiasi jadi sekali lagi label adalah bagian dari apresiasi terutama label positif.

P5
Saya tertarik memperdalam tentang pintu yang tidak mengijinkan. Kadang siswa lebih sulit jika terhasut untuk tidak suka gurunya dari teman temannya. Sehingga mereka pun menyepelekan guru didepan kelas.   Adakah tips jitu lainnya pak?
Ridwan Nurhadi

J5
Sebuah pertanyaan yang bagus dari pak ridwan nurhadi kadang siswa sulit untuk menerima guru karena hasutan dari temen temannya nah ini betul itu yang tidak makan persepsi persepsi adalah bagaimana tanggapan umum yang diberikan oleh siswa siswi terhadap guru dan itu akan menjadi pt tular keyakinan atas bagaimana persepsi guru itu dibangun apakah dia guru yang menyenangkan guru yang menarik atau guru yang menyebalkan sehingga persepsi ini harus dirubah dengan kondisi guru yang sesungguhnya kalau persepsinya sudah salah sudah jelek sudah kurang bagus dan akhirnya terbukti maka itu akan menguatkan bahwa informasi dan hasutan dari temannya adalah informasi yang bener namun sebaliknya ketika kita bisa melakukan sebaliknya dari hasutan dari sebagian temen temen yang ada di kelas maka yang terjadi adalah orang orang tersebut akan mendukung kitaternyata kita tidak sebagaimana yang diceritakan oleh temen temannya seperti itu jadi tetaplah berbuat baik tetaplah optimis dan tetaplah melakukan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan karena itu akan membangun persepsi baru siape anda yang sesungguhnya mudah mudahan bermanfaat.



 P6
Assalamaualaiakum. Salam Hebat....Bagimana caranya menguasai emosi kita dalam rangka mengajarkan kebaikan kepada peserta didik?  Secara teori memang gampang tapi implementasinya agak sulit. Mohon pencerahannnya! Wassalam Supyanto Kota Bekasi.

J6
Baik sebuah pertanyaan yang bagus bagaimana cara menguasai emosi dalam mengajarkan kebaikan kepada anak didik secara teori gampang namun menurut saya sangat sulit dari pak supriyanto bekasi baik apa yang kita yakini itu yang juga tervisualisasi kan jadi ketika kita berkata bahwa teori gampang namun prakteknya sulit itulah yang terjadi karena kita adalah sebagaimana apa yang ada dalam pikiran kita yang harus terjadi adalah menguasai emosi kita mengajarkan kebaikan kepada anak didik memang dimulai dari bagaimana kesadaran kita menjadi guru sadar dan bukan menjadi guru nyasar atau guru bayar pada prinsipnya anak jaman now berbeda dengan kitab era kita kita harus mengerti sebelum ini dimengerti mampu merubah di menjadi sebelumnya adalah ingin dihargai maka kita saatnya menghargai ingin didengarkan saatnya mendengarkan ingin dilayani saatnya melayani karena pada dasarnya sifat dasar murid kita adalah dia menyukai guru yang menghargai mereka dia menyenangi guru yang penyampaiannya adalah menarik dan menyenangkan ketika kita diterima maka apapun yang kita bawa insyaallah diterima oleh murid kita jadi pada pada prinsipnya tidak ada anak nakal atau anak bandel ini yang perlu kita pahami semua ke fitrahnya baik yang ada adalah anak yang kurang mampu mendapatkan dicinta sehingga dia tidak bisa menerima nasihat dari orang orang di sekitarnya dan dia mencoba mencari perhatian dengan cara berbuat yang tidak baik dan cara itulah yang paling mudah dia peroleh untuk mendapatkan perhatian dan bukan dengan prestasi mudah mudahan kita bisakembali lebih detail tentang bagaimana mengelola emosi memperbesar kapasitas diri sentuhan emas dan ini adalah penting bagi para guru.

P7
Selamat Malam Bapak mohon ijin bertanya terkadang kalau kita sudah berusaha dan memang kita berbeda dalam memperlakukan anak dan membuat anak terkadang mencintai dan merindukan kita dikira kita tebar pesona. Maaf padahal jiwa kita ya seperti itu. Tidak pernah terbersit satu kalimat / niat untuk membenci dan berkata yang tidak layak kepada murid. Karena memang kita ingin dikenang Murid sebagai pribadi yang baik. Karena kita juga panutan bagi mereka. Mohon saran apa yg bisa kita lakukan.
Prihariyani _ Semarang

J7
Baik ibu Priharyani dari semarang tenang bu ketika murid murid mencintai kita merindukan kita menjadikan kita menjadi bagian dari kehebatan mereka maka mmm anjing menggonggong kafilah tetap berlalu mengapa gol yang kita lakukan tidak menjadikan semua penonton bahagia itu yang perlu ibu pahami ketika gol yang kita lakukan sebagian bahagia sebagian susah tergantung dari dia mendukung kita atau tidak yang mendukung akan bertepuk tangan dengan gol yang kita ciptakan namun yang tidak mendukung tentu akan sedih karena gol yang kita lakukan intinya adalah tetaplah menjadi guru yang baik tetaplah menjadi guru yang hebat karena pada dasarnya itulah yang akan dikenang oleh murid murid kita jadi sekali lagi tetaplah menjadi guru yang mempesona apa pun kata orang bahwa anda tebar pesona anda cari muka atau anda penjilat silahkan karena pada dasarnya pemain lah yang menciptakan sejarah dan penonton hanya menyaksikan terjadisejarah dan anda adalah pemain yang menciptakan sejarah bagi kehebatan murid murid anda semoga bermanfaat.

P8
Assalaamu'alaikum pak Aris...sy guru sma mapel fisika pak..sy pernah mencoba games spy ank2 tdk tegang trs tp ank2 kok tdk suka ya pak? Bagaimana solusinya? Sri Indayani lamongan

J8
Oke waaalaikumsalam ibu sri indaryani betul sebagian mungkin kita memilih game nya atau tiba tiba memberikan game yang kaku jadi anak anak kaget tumben begitu jadi pada dasarnya inti dasar jiwa manusia adalah menyukai permainan karenanya perlu dipilihkan permainan yang cocok sesuai dengan usia mereka permainan yang mmm sesuai dengan kondisi dan dan itu perlu banyak belajar bisa dilihat dari youtube banyak sekali jadi jangan sampe game paud kita terapkan untuk anak anak eh smp atau sma tentu mereka merasa kok aneh gitu ya jadi jamnya juga harus disesuaikan sepengetahuan saya selama ini ketika berhadapan dengan ataupun mahasiswa bahkan mereka suka dengan game catatannya adalah game nya harus keep yang sesuai dengan usia mereka menyenangkan sesuai dengan situasi dan kondisi dan yang terpenting adalah kita juga harus menjadi pribadi yang bahagia dalam menyampaikan game itu sendiri jangan sampeingin membuat mereka bahagia kita sedih dalam kondisi yang kurang bahagia silakan dibuka di channel youtube saya di situ ada tip dressnya mudah mudahan bermanfaat.

P9
Assalamualaikum.. sang motivator yang super..ada guru yg senantiasa menjdikan siswanya berprestasi, tpi akhirnya karena ia sibuk membut siswa berprestasi sang guru tdk dpt ikut lomba guru yg berprestasi..ada juga tipe guru yg berprestasi tetpi ia tdk mampu menjdikan siswanya berprestasi...tanggapan anda terhadap kasus ini bagaimana?
Trims..Andy -Beltim, kep.babel

J9
Baik pertanyaan dari saudara Andy -Beltim, kep.babel bagaimana seorang guru yang mampu menjadikan siswanya berprestasi namun dia sendiri tidak dapat ikut prestasi namun juga ada tipe guru yang berprestasi tapi tidak mampu menjadikan siswanya berprestasi sebenarnya ini adalah mmm pola manajemen saja guru yang berprestasi itu bagus tapi kenapa dia menyatakan siswa investasi bisa jadi dia mampu memahami keilmuannya namun belum mampu menyampaikan pembelajaran secara baik dan menyenangkan untuk siswa siswinya sehingga dia menyukai pelajaran yang disampaikan namun cara menyampaikannya tidak menyenangkan akhirnya murid tidak berprestasi yang pertama guru mampu menciptakan anak berprestasi namun dia tidak sempat ikut lomba berprestasi ini manajemen waktu saja dia harus tahu semua ada aturannya walaupun dia berprestasi tapi kalau tidakprasyarat guru berprestasi ya jelas tidak bisa nah itu ikut aja persyaratan syaratnya insyaallah dia pun suatu hari nabi mampu menjadi guru berprestasi yang menciptakan anak murid yang berprestasi seperti itu.

P10
Ass pa Aris, bagaimana menjadi guru motivator belajar bagi anak  yang malas belajar sering masa bidoh dan suka mengganggu teman waktu belajar dan gaduh, simon Anunu Kupang NTT S.

J10
Oke dari pak simon anune kupang ini sebenarnya sudah dijelaskan di atas. Anak yang malas belajar masa bodoh dan suka mengganggu temen biasanya karena dia tertarik dengan pelajarannya atau memang dia kurang tepat dengan jurusan yang dia pilih.  Bisa jadi kalau memang SMA harusnya dia masuk ke jurusan sosial tapi masuk jurusan ipa misalnya gitu tapi kalau emang di smp atau sd mungkin karena kurang atau belum menemukan cara belajar yang baik dan bener.  Karena ada orang auditory ada orang kristentik ada orang visual. 
Guru juga harus mampu memahami bagaimana mengenali anak auditori sehingga dia harus berada di depan sehingga terdengar. Anak visual juga juga harus di depan sehingga dia bisa melihat dengan jelas tapi kalau anak kienestetik harus di belakang kenapa biar tidak mengganggu temen temannya yang ada di depan.  Jadi pada dasarnya anak yang malas belajar atau masa bodoh itu pada dasarnya karena dia belum menemukan cara yang tepat bagaimana belajar atau dia disamaratakan dengan temen- temannya yang sudah menemukan pola belajar yang baik dan bener.
Mudah mudahan guru guru yang hadir di sini bisa belajar banyak dengan banyak belajar.

Dengan Bahasa Cinta yang Cerdas, seorang  Guru akan mendapatkan Cinta dari Anak Didiknya
5 Bahasa Cinta yang layak Anda pelajari dan Praktekkan....
Silahkan lihat penjelasan satu per satu dari Bahasa Sentuhan Cinta.

1. https://youtu.be/UAZ02bxlzyM  Bahasa cinta APRESIASI.
2. https://youtu.be/39raqyvipcE Bahasa Cinta KOMITMEN dan Keteladanan
3. https://youtu.be/AdXLTi1-pPs Bahasa Cinta TEMUKAN KEUNGGULAN SISWA
4. https://youtu.be/U8uyPVhRFTQ Bahasa Cinta HUBUNGAN INTERPERSONAL
5. https://youtu.be/xVBnh4TsPgw Bahasa Cinta HARGAI HAL HAL KECIL
SILAHKAN KLIK, SUBSCRIBE DAN SHARE


Mr Sugesti Indonesia

Guru hebat yang luar biasa anda adalah manusia surga yang dititipkan oleh Allah di bumi ini sehingga peran seorang guru untuk menjadi guru idola guru favorit guru menarik dan menyenangkan adalah peran yang sangat sangat penting apapun pelajaran yang anda bawa maka murid anda akan melihat siape yang membawanya yaitu anda karenanya selamat menjadi seorang guru yang dicintai menjadi seorang guru yang dirindukan menjadi seorang guru yang menginspirasi dan menjadi orang guru yang menjadi bagian dari sejarah menjadi history bagi murid murid anda dan bukan sekedar menjadi seorang guru yang hanya menjadi story ataupun cerita selamat berjuang selamat menjadi bagian hebat dari kehidupan yang hebat atas masa depan murid murid anda sehat
Mr. Sugesti indonesia asalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar