Alhamdulillah,
berbahagia sekali pada malam hari ini kita masih bisa mengikuti Grup Belajar
Menulis secara on line. Bapak dan ibu
guru yang cerdas dan mudah-mudahan menjadi penghuni surga, berkah hidupnya, dan
panjang umurnya, pada kesempatan ini kita akan belajar bersama nara sumber
hebat yang akan menjadikan kita sebagai
guru yang penuh motivasi. Kita berharap
dengan momentum saat ini dimana anak-anak sedang belajar di rumah guru pun
seharusnya belajar kembali bagaimana memiliki seni menyampaikan, memiliki seni
untuk dicintai, dirindukan oleh anak didiknya sehingga pembelajaran menjadi lebih menarik.
Sekilas Biografi
Bapak Aris Ahmad Jaya
Aris Ahmad Jaya, Motivator Character Building Nasional
dengan Audien lebih dari 5.000.000 orang di seluruh Indonesia, kelahiran Pati,
23 Februari 1974.
Aris Ahmad Jaya
Lebih dikenal sebagai Master Sugesti Indonesia dengan spesifikasi training AUTO
SUGESTI POWER (ASP) yaitu training MOTIVASI yang terbukti dan teruji bagaimana manusia menemukan keyakinan diri
dengan mengoptimalkan kekuatan Pikiran, Perasaan, Perkataan dan Perbuatan
menuju hidup sukses, bahagia dan mulia . Kesuksesan selalu diawali dari
kekuatan Sugesti yang kuat, dilanjutkan perencanaan yang matang, Action yang
Fokus dan siap dengan resiko (konsekuensi terbaik dan terburuk) menuju ridho
Allah SWT.
Gelar
Kesarjanaan Aris Ahmad Jaya diperoleh
dari Institut Pertanian Bogor. Selain sebagai Trainer dan Motivator Nasional
Aris Ahmad Jaya adalah CEO PT ABCo Sugesti Motivatindo, Aris Ahmad Jaya juga
sebagai penulis buku buku motivasi best seller.
Yuk kita ikuti
paparan Bapak Aris Jaya
Berdasarkan
kinerja membagi ada tiga tipe yaitu guru yang pertama adalah nyasar yang kedua
bayar dan yang ketiga sadar.
Yang pertama
adalah guru nyasar.
Guru nyasar adalah
guru yang tidak punya tujuan tidak punya arah.
Dia menjadi guru yang menyesatkan. Mengapa murid-murid bisa membenci
pembelajaran karena gurunya saat ini tidak berenergi. Murid-murid bisa membenci
apa pun yang disampaikan oleh gurunya.
Yang kedua guru
bayar.
Dia adalah guru yang energinya
terkait dengan finansial. Dia bekerja
karena ada gaji dan sebatas bekerja karena ada urusan finansial yang diperoleh. Guru bayar ini kadang-kadang mengajar berdasarkan
energi uang. Guru semacam ini adalah guru yang tidak konsisten. Kadang ketika tanggal muda semangat wajah
cerah, antusias karena mungkin ada finansial yang cukup, habis gajian ada
sertifikasi. Guru bayar saya sarankan
segera sadar karena banyak murid pada dasarnya harus yang mendapatkan inspirasi
keilmuan tapi mendapatkan guru yang on off, kadang semangat kadang , kadang
bagus kadang tidak. Ini akan menjadikan murid tidak mendapatkan figur yang
benar-benar mampu menginspirasinya.
Ketiga adalah guru sadar,
seorang guru yang
kehadirannya menjadikan murid-murid mencintai dirinya, mencintai pelajarannya
dan mencintai kehidupan. Karena apa pun yang keluar dari mulutnya adalah
kata-kata yang mampu menyadarkan pembelajaran menjadi menyenangkan. Keilmuan
menjadi mengasyikkan. Kehadirannya
adalah keadaan yang menyenangkan. Kepergiannya adalah kepergian yang
dirindukan. Karenanya mengajar gaya
motivator adalah sebuah teknik bagaimana anda mampu menjadi seorang pendidik
atau menjadi seorang guru yang sadar, menyadari sepenuhnya bahwa profesi ini
adalah profesi yang mulia.
Berdasarkan niat,
seseorang menjadi guru ada dua yaitu :
Pertama adalah
guru betulan.
Kedua adalah guru
kebetulan.
Guru betulan adalah guru yang memang dari awal ingin menjadi mendidik mengajar dan ingin
menjadi guru. Guru betulan ini memang
seorang guru yang diidamkan. Guru yang memiliki energi untuk mengajar energi
untuk bertemu dengan siswa dan untuk mengeluarkan keilmuannya kepada anak
didik. Guru betulan memang guru yang diidamkan.
Namun ternyata ada
sebagian guru yang kebetulan yaitu kebetulan ada lowongan menjadi pengajar maka
ia menjadi guru, kebetulan lulus dari universitas sambil menunggu pekerjaan
maka dia menjadi guru seterusnya.
Kebetulan juga ada yayasan orang tua yang butuh guru karena minim
sehingga mau tidak mau harus melanjutkan impian orang tua menjadi pendidik di
yayasan tersebut. Selain itu, kebetulan
ada teman yang mengajak daripada menganggur lebih baik menjadi guru terus menerus.
Ada lima langkah
yang bisa dipraktekkan untuk mengajar gaya motivator yang mampu menjadi guru
yang dicintai, guru yang dirindukan dan guru yang menginspirasi serta guru yang
menjadikan murid murid anda mencintai anda dan mencintai ilmu yang anda
bawa.
Ada peran guru
yang terkadang kita tidak memerankannya dengan utuh. Peran yang pertama adalah mengajar, peran
yang kedua adalah mendidik, peran yang ketiga adalah menginspirasi, dan peran
yang keempat adalah menggerakkan.
Terkadang kita
lebih fokus pada peran pertama yaitu mengajar. Memindahkan keilmuan yang ada di
otak kita ke otak murid kita. Memindahkan kurikulum yang ada ke pikiran murid
kita. Jadi kalau guru hanya sekedar
mengajar maka anda akan kalah dengan metode dan pola-pola hari ini. Mereka bisa
online, mereka bisa belajar dari youtube. Bahkan sekarang sudah ada kelas kelas
online yang memungkinkan murid -murid bisa belajar keilmuan tanpa kehadiran
guru.
Saya ingin anda
masuk ke long zona berikutnya yaitu mendidik.
Tentu guru menjadi idola menjadi teladan menjadi contoh guru sendiri
dari dua kata digugu dan ditiru diharapkan ketika anda masuk ke ranah mendidik
maka anda bisa memasukkan nilai-nilai norma. Norma baik yang bisa dipeoleh anak
didik kita dalam keseharian misalnya kedisiplinan, kejujuran, bisa dipercaya,
berbagi, bekerja sama, berkomunikasi, memudahkan urusan orang lain, menolong,
membantu.
Langkah-langkah
mengajar gaya motivator ini
mudah-mudahan mampu mengubah cara berfikir serta pola laku anda dalam
mengajar anak.
Langkah yang
pertama adalah jadilah guru yang menarik dan menyenangkan. Dengan menarik, anda
memiliki daya tarik, dengan menyenangkan anda memiliki daya yang menjadikan
murid anda merindukan anda.
Untuk menjadi guru
yang menarik anda lakukan tiga langkah sederhana.
Pertama persiapkan
diri anda dengan latihan sebanyak mungkin bagaimana menjadi pribadi yang menarik. Contohnya dari sisi penampilan. Anda adalah seseorang yang memang mempersiapkan
penampilan terbaik karena anda adalah sosok yang menarik. Dari segi berperilaku anda juga sosok yang
menarik hingga murid anda menilai anda bukan sekedar ketika anda di dalam
ruangan tapi juga ketika anda di luar ruangan.
Pintu mengizinkan
dan pintu tidak mengizinkan sebagian orang mungkin asing dengan istilah ini.
Namun ini adalah salah satu istilah favorit Pak Aris ketika memberikan materi
training secara off line agar para peserta khususnya guru mudah memahami. Makna pikiran mengizinkan pikiran pintu
terbuka adalah manakala siswa siswi anda mengizinkan anda. Mereka senang dengan
anda. Mereka nyaman belajar dengan anda.
Pintu tidak
mengizinkan adalah pintu tertutup di mana mereka tidak suka dengan pembelajaran
anda. Tidak menyukai anda. Intinya adalah menolak bagaimana pintu
mengizinkan itu terbuka untuk anda. Saya
coba memberikan sebuah pembelajaran sederhana bagi anda, sebelum mereka
menerima pelajaran anda. Maka murid anda
harus menerima pembelajaran apapun yang anda bawa. Kurikulum apa pun yang anda beri. Materi apa pun yang anda suguhkan. Syarat pertama yang harus anda pahami adalah
harus menerima anda. Agar mereka mau
serta mampu menerima anda syaratnya adalah mereka mengizinkan anda. Sesungguhnya untuk diizinkan maka anda harus
menjadi pribadi yang menyenangkan. Untuk
menyenangkan anda harus mampu untuk memahami bahwa mereka adalah orang yang
beda dengan anda.
Ketika anda
mengajar anak TK anda harus mampu berperilaku sebagaimana anak TK. Ketika anda guru SD harus memahami bagaimana
kondisi anak SD kekiniaan. Karena SD
kekinian beda dengan SD masa kita dulu. Jadi jangan paksa mereka untuk mengerti
anda. Tetapi anda harus mampu mengerti
mereka mampu mengubah di menjadi me, dihargai menjadi menghargai, ingin
dilayani menjadi melayani. Ketika anda mampu mengerti bahwa anda diterima harus
diizinkan anda harus diberikan peluang untuk bersama dengan mereka. Maka kunci yang pertama ini harus anda kuasai
anda harus menjadi pribadi yang menyenangkan. Murid anda lebih menyukai apa
yang menyenangkan daripada apa yang penting tapi tidak menyenangkan atau sesuatu
yang menarik lebih diterima oleh mereka daripada sesuatu yang penting tapi
tidak menarik. Jadi sekali lagi para
guru hebat Indonesia belajarlah secara terus menerus menjadi yang menyenangkan
sehingga anda diterima anda benar-benar
diizinkan. Pikiran mereka terbuka untuk
anda. Dengan demikian anda telah berhasil melakukan langkah pertama menjadi
pribadi yang menyenangkan. Pintu terbuka
untuk anda. Murid anda menerima apa pun
yang anda bawa.
Contoh murid yang
memberikan pintu mengizinkan untuk anda.
Pertama anda masuk
dalam sebuah kondisi yang senyum pastikan bahwa permasalahan anda itu bukan
permasalahan mereka. Kalaupun anda punya masalah dengan suami dengan istri
dengan teman itu bukan masalah murid anda.
Jadi pastikan anda masuk dalam kondisi nyaman minimalnya adalah
senyumlah senyum satu dua dua lima dari hati dua senti kanan dua senti kiri
cukup lima detik.
Kedua anda sapa
mereka dengan salam yang berbeda. Kalau
selama ini anda mengatakan salam langsung Assalamualaikum warahmatullah
wabarakatuh.. maka mereka belum siap.
Coba anda ganti
dengan format seperti berikut:
Semoga siswa yang
jawab salam saya cerdas otaknya. Mereka akan menjawab amin.
Semoga yang
menjawab salam saya mendapatkan nilai terbaik dan naik kelas dengan rapot yang
memuaskan.
Semoga salam saya
menjadikan manusia yang berguna, bermanfaat bagi agama, bagi negerinya dan juga
bagi keluarganya.
Semoga yang
menjawab salam saya otaknya jenius cerdas dan mudah mempelajari pelajaran yang
akan saya berikan hari ini.
Setelah itu anda
baru saja asalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.. nah pasti mereka menjawab
anda.
Daripada anda
masuk dalam kondisi manyun, langsung mengucap,” Assalamualaikum siapa yang
belum mengerjakan PR. Acungkan jari.. maaf yang belum mengerjakan PR, silakan
keluar!” Akhirnya mereka keluar semua dan anda mengajar bangku kosong.
Karena anak zaman
sekarang ini mengerjakan PR tidak terlalu nyaman. Itulah kenapa Finlandia tidak
memberikan PR karena mereka tahu. Kalau
anak suka dengan pelajaran maka jika tidak dikasih PR, mereka akan belajar.
Jadi yang pertama
adalah masuk dengan tersenyum, menyapa dengan salam, yang ketiga berikan
apresiasi. Anda bisa mengucapkan begini
;
1. “Anak- anak sekalian terus terang saja
saya suka mengajar kalian, Saya seneng ngajar kelas ini. Saya bahagia bertemu dengan kelas ini”.
2. “Dari sekian banyak kelas yang saya ajar
kelas ini yang membuat saya semangat.”
3. “Saya bangga menjadi guru kalian.
Itulah beberapa kata-kata yang mungkin bisa
anda ungkapkan daripada anda datang marah- marah emosi. Coba senyum kemudian anda salam dengan cara
yang diajarkan ini.
Kemudian yang
berikutnya anda bisa mengucapkan : “Terima kasih, saya terus terang saja senang
mengajar kelas ini. Dari sekian banyak
kelas yang pernah saya ajar, kalian yang menjadikan saya berenergi atau
menjadikan bapak berenergi atau menjadikan ibu berenergi.” Dengan begitu,
mereka kaget, “ Wow guru saya sudah berubah nih, tumben!” kata mereka.
Coba dipraktekkan
anda masuk dalam kondisi senyum menunjukkan bahwa anda menguasai masalah anda. Yang kedua anda salam dengan salam sapaan
yang berbeda, dan yang ketiga apresiasi anda.
Ungkapkan bahwa anda senang bersama dengan mereka. Apresiasi, hargai jadi dengan cara ini anda
akan menjadi sosok yang diizinkan.
Berikutnya Pak Aris akan kasih contoh yang
lain tips dan trik bagaimana pintu pikiran mereka terbuka untuk anda.
Bapak dan ibu guru
yang cerdas tips berikutnya agar pintu mengizinkan anak didik anda terbuka
untuk anda. Sehingga mereka mengizinkan
dirinya memperhatikan dan mendengarkan anda menyukai apapun yang anda
bawa. Tips yang kedua adalah berikan simulasi-simulasi
sederhana sebelum pembelajaran dimulai.
Mainkan game - game sederhana sebelum pembelajaran dimulai. Anda bisa lakukan game tepuk, anda bisa
lakukan tebakan. Games yang bisa anda
ambil dari youtube dari internet.
Insyaallah saya akan coba kirimkan kepada anda contoh contoh video
ketika kami memberikan materi training pada siswa siswi sebelum pembelajaran
dilakukan.
Mudah-mudahan
dengan contoh ini anda akan mudah memahami dan melakukan ATM ( amati, tiru,
modifikasi). Dalam bahasa Jawa ada 4 N yakni niteni niru nambah nambahin
nemu .
Nah anda tinggal
cari saja game game simulasi dari youtube kah? dari training training yang anda
ikuti kah? dari buku buku game kah? maka mudah mudahan dengan demikian suasana
tidak garing di awal. Mainkan simulasi
mainkan game bisa tepuk ya bisa tebak tebakan bisa gerak atau menyanyikan lagu
bersama-sama. itu mungkin akan memecahkan suasana. Setelah mereka nyaman dengan
simulasi-simulasi game yang anda berikan maka hormon kebahagiaan mereka akan
tumbuh. Hormon itu bernama hormon
endorfin hormon yang memiliki delapan kali kekuatan lebih besar daripada
morfin. Di buku the miracle of endorphin disebutkan ketika anda sudah mampu
bersimulasi bermain, maka sebenarnya mereka telah mengizinkan dirinya untuk
memperhatikan dan melihat anda, mendengarkan instruksi anda, mengikuti apa yang
anda suruh.
Ada permainan
tepuk. “Perhatikan kalau saya tiga kali
kalian tepuk sekali. Bagus keren. “Kita coba ya, kita akan coba acak focus.
Generasi kalian pasti bisa, oke bagus, keren. Setiap kali anda habis memainkan
game, apresiasi mereka, puji mereka, dengan kata-kata bagus, keren, hebat.
Itu yang membuat
mereka semangat mencontoh. Jadi pertama anda tadi masuk dengan salam senyum
sapa yang bagus, berikutnya anda mainkan simulasi-simulasi game. Coba anda pahami resapi dulu anda. Kita akan
masuk ke tips berikutnya bagaimana diizinkan.
Bapak dan ibu guru
yang cerdas bahagia sukses serta mulia, insyaallah tips yang ketiga agar anak
didik anda, putra putri diri anda membuka pintunya untuk anda mengizinkan. Yang harus anda praktekkan tangkap basah
kebaikan, tempa besi selagi panas artinya apresiasi prosesnya. Apresiasilah
siswa siswi anda, tidak menunggu kenaikan kelas, menunggu mereka menjadi juara
nasional. Apresiasi dan hargai prosesnya
ingat tangkap basah kebaikan tempa besi selagi panas. Coba anda lihat besi
susah sekali ditempa kalau sudah dingin besi mudah ditempa masih sedemikian
panas memerah.
Tips ini adalah
tips yang luar biasa anda bisa berikan apresiasi secara personal atau apresiasi
secara massal. Ketika anda mudah
mengapresiasi sesungguhnya anda mudah diterima.
Contoh sederhana ketika ada murid anda datang tepat waktu dan kebetulan
anda hadir. Anda cukup berkata kepada
murid itu, “Imron keren kamu, orang yang disiplin jadi orang sukses. Itu adalah contoh tempa besi selagi panas
tidak menunggu kenaikan kelas yang dia sudah lupa melakukan itu.
Contoh yang lain
ada seorang ketua kelas yang rela mengabdikan dirinya memimpin teman- temannya
tanpa gaji, tanpa sertifikat. Itu ketua
kelas, ketua osis, ketua panitia, anda bisa menemui dia secara personal. Anda bilang, “Rudi kamu ketua kelas ya, kamu
calon leader masa depan karena kamu punya jiwa kepemimpinan keren, suatu hari
nanti kamu jadi orang sukses karena kamu mau mengabdi untuk banyak orang. Selamat ya Rudi…Bapak bangga dengan kamu atau
ibu bangga dengan kamu.”Kata kata seperti ini akan menjadikan murid respek
kepada anda. Mereka mengapresiasi anda membela anda berjuang bersama anda.
Secara massal anda
bisa lakukan seperti ini, “Saya suka ya kalian itu orangnya kompak, kelas ini
kompak, keren. Saya bangga jadi wali
kelas kalian. Kelas kalian adalah salah
satu kelas yang menjadi kelas favorit bagi saya. Saya terus terang saja senang mengajar
kalian. Kalian berproses walaupun pernah
remedial kalian tetap berjuang sehingga hari ini kalian semua sudah dinyatakan
tuntas. Saya bersyukur menjadi guru
kalian.”
Jadi sekali lagi
apresiasi, hargai. Dengan menghargai
anda dihargai, dengan melayani anda dilayani.
Anda menerima jadi bapak dan ibu.
Guru yang pelit apresiasi,pelit menghargai, maka dia sesungguhnya adalah
guru yang menjerumuskan muridnya untuk menjadi murid yang tidak suka dengan
guru. Apa pun ajaran yang dibawa oleh
guru menjadi pelajaran yang membosankan.
Jangan sampai anda menjadi konektor kejelekan atau konnektor
ketidakberhasilan bagi murid anda. Kalau
anda mengajar sebuah ilmu dan murid anda suka dengan ilmu, anda menjadi konektor
kebaikan bagi dia. Anda menjadi kebaikan masa depannya. Kalau anda adalah
konektor keburukan dengan murid anda, ia
benci dengan pelajaran anda, benci dengan ilmu anda dan tentu benci dengan
siapa yang memberikannya yaitu anda, maka anda telah menutup pintu-pintu
kesuksesan. Coba bayangkan kalau menurut
anda tidak suka matematika maka semua pelajaran terkait dengan hitungan dia
tidak suka. Gegara anda berinvestasi
ketidakbaikan di masa depan. Anda guru
bahasa inggris misalnya dan murid anda tidak suka bahasa inggris gegara
penyampaian anda membosankan, menjenuhkan maka murid anda tutup untuk menyukai
bahasa internasional.
Jadi sekali lagi
apresiasi. Langkah yang pertama tadi
menjadi guru yang menarik, guru yang menyenangkan sehingga tiga tips tadi ketika
anda jalankan maka murid anda akan membuka pintunya untuk menerima anda. Berikutnya menjadikan anda sebagai guru
idola, guru favorit bagi dia. Jadi kita
tuntaskan dulu yang pertama dari lima langkah M G M menjadi guru menarik dan
menyenangkan dengan tiga langkah tadi. Oke, salam yang baik, sapa yang benar
kemudian masuk dengan simulasi-simulasi.
Menghargai mereka “ wow keren” lakukan langkah ini. Keajaiban terjadi membersamai anda untuk
empat langkah berikutnya.
Bapak dan ibu guru
yang cerdas setelah kita mempelajari langkah yang pertama yaitu bagaimana anda
mampu menjadi pribadi yang menarik dan menyenangkan sehingga anda diizinkan
untuk menjadi bagian dari sejarah putra putri, anak didik terbaik anda.
Langkah yang kedua
dari mengajar gaya motivator ini adalah langkah di mana anda mampu menjadi
bagian dari pemain dan bukan sekedar penonton. Langkah yang kedua ini adalah
temukan titik lebihnya dan motivasilah mereka melalui titik lebih yang mereka
punya. Temukan nilai unggulnya dan
mulailah masuk melalui nilai unggul yang bersangkutan. Temukan nilai tambah murid anda. Masuklah
melalui nilai tambah mereka.
Einstein pernah berkata, “Kalau kita memaksa seekor
burung untuk berenang, ikan untuk terbang, monyet untuk melata, maka kita akan
melihat kebodohan-kebodohan dari hewan tersebut. Sama halnya seorang guru yang hebat adalah
seorang guru yang memberikan kesempatan muridnya untuk unggul. Melalui nilai unggul yang mereka miliki maka
keunggulan-keunggulan yang lain akan mengikutinya.
Kenapa langkah
yang kedua ini penting? karena terkadang seorang siswa akan merasa minder,
rendah diri tidak percaya diri dikarenakan dia diberikan momentum yang bukan
nilai lebihnya. Dia diberikan momentum
nilai kurangnya. Ada murid anda yang
kemampuan bahasanya bagus namun lemah di matematika. Ada murid anda yang hebat di organisasi dan
hubungan interpersonal sehingga dia suka aktivitas organisasi dalam kematian
dan lain sebagainya namun mungkin dia lemah dalam pelajaran tertentu misalnya
bahasa atau matematika. Ketika anda menyepakati hal ini maka anda akan diterima
oleh murid anda.
Sebuah contoh
sederhana seorang guru yang mengetahui bahwa salah satu muridnya punya
kemampuan matematika yang bagus maka guru ini akan bisa diterima ketika dia
masuk melalui matematika.
“Amir, matematika
kamu keren, kemampuanmu berhitung bagus.
Suatu hari nanti kamu akan menjadi orang sukses karena biasanya orang
pintar matematika dia mampu melakukan kejujuran dia bisa teliti. Kamu suatu hari nanti akan menjadi orang
hebat melalui matematika ini namun kamu juga harus belajar pelajaran yang
lain. Karena melalui matematika ini kamu
akan mendapatkan kehebatanmu dan pelajaran lain akan menjadikanmu juga lebih
cepat hebatnya.”
Jadi sebenarnya
langkah yang kedua ini akan dibahas lebih detail pada slide berikutnya inti
dari langkah kedua ini adalah temukan nilai tambah murid anda temukan nilai
lebih siswa anda dan berikan mereka untuk menjadi seseorang berdasarkan nilai
lebih dan kehebatannya. Karenanya seorang yang hebat bukanlah orang yang mampu
menjadi manusia yang memaksa orang lain untuk hebat sepertinya namun seorang
hebat adalah seorang mampu menciptakan dan menghantarkan kehebatan generasi
setelahnya. Karena memberikan
momentum-momentum hebat bagi anak muridnya. Insyaallah kita akan lanjutkan pada
slide berikutnya tentang tip bagaimana anda menemukan nilai tambah nilai lebih
murid murid anda sehingga anda mampu mengajar gaya motivator diterima diizinkan
dan dirindukan.
Guru hebat yang
dirahmati oleh Allah, saya ingin tunjukkan kepada anda tiga langkah menemukan
kehebatan nilai tambah nilai dari putra putri diri anda.
Langkah yang
pertama adalah anda harus mampu memberikan momentum kesempatan- kesempatan
hebat dari masing masing siswa siswi anda berdasarkan nilai lebihnya.
Pembimbing Pak
Aris bernama Prof Musa dari IPB Bogor.
Dia berbicara, “Yang maha dalam hidup bukan sekedar bagaimana kita mengetahui
ilmu, bukan bagaimana kita terampil mengerjakan ilmu, bukan sekedar kita
memiliki ekspektasi terhadap ilmu, atau memiliki kemampuan terhadap ilmu, namun
sesuatu yang mahal adalah momentum yang diberikan kepada kita.”
Jadi sekali lagi
momentum itu mahal karenanya, berikan kesempatan murid anda untuk menjadi duta
dari sekolah anda. Biarkan mereka
mewakili teman-teman, biarkan mereka menjadi duta dari sekolah. Anda mengajar tujuannya bukan mendapatkan
juara pertama, tetapi adalah memberikan kepercayaan kepada mereka. Mereka berharga, setiap anak harus mampu
diberikan momentum kesempatan sehingga mereka menjadi merasa bermakna, merasa
dipercaya, merasa bernilai.
Bapak dan ibu yang
cerdas, seorang yang suka pramuka tentu akan bahagia ketika menjadi wakil
pramuka dari sekolah tersebut dan dikirimkan ikut camping. Seorang yang menyukai olahraga tertentu tentu
bahagia ketika dikirimkan untuk menjadi duta sekolah tersebut untuk teman-
temannya bertanding bersama sekolah lain.
Seorang yang memiliki keilmuan tertentu misalnya Matematika IPA Bahasa
Inggris ataupun Bahasa Indonesia tentu akan bahagia ketika dikirimkan oleh
sekolah menjadi bagian dari duta sekolah tersebut.
Momentum diberikan
bukan karena dia harus menjadi juara utama. Momentum diberikan bukan karena dia
harus mampu mengalahkan yang lainnya tapi momentum diberikan agar mereka merasa
menjadi bagian dari sekolah itu. Jangan selalu anak itu-itu saja yang
dikirimkan oleh sekolah untuk mewakili sekolah anda karena dia serba bisa
misalnya.
Tapi lihatlah,
bagaimana orang-orang biasa menjadi mutiara yang hebat karena dia masuk ke
dalam kerang. Pasir biasa pun akan
menjadi mutiara yang hebat ketika dia diolah di dalam kerang. Dan kerang mutiara itu adalah anda, sekolah
anda. Guru yang hebat adalah guru yang
mampu menjadi kerang mutiara bagi siswa didiknya. Karena dia senantiasa memberikan momentum-
momentum hebat bagi anak didiknya. Itu
langkah yang pertama kita akan lanjutkan langkah yang kedua bagaimana kita
mampu menemukan nilai tambah dan nilai lebih dari siswa siswi anda.
Bapak dan ibu guru
yang cerdas saya berdoa mudah-mudahan Allah memberikan keselamatan kepada anda,
kesehatan, kebahagiaan, kemuliaan dan surga Insyaallah. Setelah langkah pertama bagaimana
menghadirkan nilai tambah, nilai lebih mutiara yang ada pada anak diri anda,
maka sekarang langkah yang kedua dari tips mengajarkan motivator dari
menghadirkan nilai lebih dan nilai tambah murid murid anda adalah mereka
menjadi bagian dari pemain bukan sekedar menjadi penonton. Biarkan mereka
menjadi bagian dari sejarah kehidupannya bukan hanya menjadi seorang yang bisa
bercerita. Ingatlah jadikan mereka menjadi bagian dari history yaitu sejarah
bukan sekedar story. Anda libatkan
mereka untuk berpendapat, beride, bergagasan tentang sesuatu maka mereka akan
ikut bertanggung jawab atas ide dan gagasannya.
Contoh sederhana
anda sebagai sebagai wali kelas misalnya anda beride kepada anak murid anda di
kelas tersebut. “Seandainya kalian jadi wali kelas, kira kira apa yang akan
kalian lakukan untuk menjadikan kelas menjadi kelas yang hebat? atau kalau
kalian diberikan kesempatan untuk mengubah kelas ini kira kira apa saja yang
akan kalian ubah? atau seandainya kalian adalah kepala sekolah apakah ide-ide
kreatif yang akan kalian keluarkan untuk menjadikan sekolah ini menjadi sekolah
yang unggul dan hebat?
Dengan kita
memberikan kesempatan seperti itu melibatkan mereka, maka mereka akan
mengungkapkan ide gagasan kecerdasan emosi dan hal-hal yang mereka harapkan
selama ini. Tentu ketika ide dan gagasan
ini ditampung kemudian dijalankan, maka mereka akan menjadi bagian yang
bertanggung jawab atas ide dan gagasan itu.
Karena mereka merasa terlibat dalam proses perwujudan ide dan gagasan
tersebut. Ini sangat berbeda manakala
ide gagasan hanya dari guru hanya dari wali kelas, hanya dari kepala sekolah
tanpa melibatkan mereka.
Anda melibatkan mereka,
memberikan kesempatan mereka untuk beride bergagasan maka anda juga memberikan
kesempatan kepada anak didik anda menjadi bagian dari sejarah, menjadi bagian
dari pelaku bukan sekedar penonton.
Orang-orang hebat
bukanlah orang yang punya nilai lebih dibanding dengan orang yang ada di
sekitarnya tapi orang-orang hebat adalah orang yang memiliki kemampuan
menghebatkan orang- orang yang ada di sekitarnya termasuk murid muridnya. Hal ini dikarenakan kemampuannya memberikan
momentum. Yang pertama memberikan kesempatan mereka menjadi pemain dan yang
terpenting adalah hargai prosesnya jangan selalu pada hasil akhir. Hargai
prosesnya karena proses inilah yang akan mereka ceritakan suatu hari nanti
ketika mereka sudah menjadi orang sukses.
Gagal adalah peristiwa. Sekali
lagi, gagal adalah peristiwa saya dan anda, murid anda dan semua orang di
sekitar tidak pernah gagal. Yang gagal adalah peristiwanya. Sebagai contoh seorang gadis yang menggoreng
tempe dan tempenya gosong. Yang gosong
adalah tempenya bukan gadisnya. Sekali
lagi, bukan gadis yang gosong tapi tempenya gosong.
Karenanya guru
motivator adalah seorang guru yang mampu melibatkan siswa didiknya menjadi
bagian dari pemain dan bukan sekedar menjadi penonton dalam kehidupannya
jadikan mereka memiliki history bukan sekedar mampu bercerita tentang story.
Untuk langkah yang
ketiga mewujudkan nilai tambah murid anda saya akan berikan pada slide berikut
ini. Salam bahagia saya Aris Ahmad Jaya
untuk anda semua.
Baik bapak ibu
sekalian mungkin untuk malam ini kita belajar sampai di slide ketiga belas
terlebih dahulu agar semua mudah mencerna. Pada prinsipnya kita bisa lanjutkan
dalam bentuk diskusi dalam bentuk dialog
sehingga memungkinkan kalau ada pertanyaan pertanyaan bisa langsung saya jawab.
Namun sebelumnya anda bisa mempelajari materi-materi saya di youtube yang telah
saya upload dan akan saya berikan link di bawah ini anda dan juga like komentar
agar anda mendapatkan informasi informasi tentang pembelajaran di youtube lebih
interaktif karena bentuknya adalah audio video serta ada contoh contoh dari
simulasi simulasi yang saya jelaskan di atas. Silahkan anda bisa follow
instagram saya dan juga bisa subscribe di youtube channel.
Waktu pemaparan
sudah habis, tak terasa berjalan selama satu jam. Demikian tadi pemaparan Pak Aris dengan
berbagai cara dan langkah Mengajar Gaya Motivator. Sekarang memasuki waktu
diskusi antara nara sumber dan peserta.
P1
Slmat mlm Pak
Aris. Bgmna memotivasi ank didik yg bandel, kurng tenang dlm ruang blajar,
snang ganggu tman. Bgmna mngatasi sikap sprt ini? Trima ksih.
J1
Pada dasarnya satu
atau dua orang anak di kelas yang punya tipikal mengganggu itu dikarenakan anak
tersebut mmm kurang mendapatkan bisa jadi dia dari keluarga yang bermasalah
atau memang dia memang sudah bermasalah anak anak yang masa bodoh biasanya
memiliki dendam masa lalu atas pembelajaran sebuah pelajaran tertentu atau pada
guru tertentu sebagai seorang guru yang menangani dia kita harus mampu menggali
informasi tentang siapa dia mengapa dia seperti itu dan dengan melakukan
pendekatan yang penuh dengan cinta tentu saja akan ada perubahan jangan
nasehati dia ketika dia punya masalah karena anak yang pas masalah dinasihati
akan menolak namun justru dekatilah dia sesuai dengan hobi dia dengan kesukaan
dia dengan bakat yang dia miliki kalau dia bekas di pramuka misalnya atau bakal
di sebuah bekal tertentu kita dekati dengan bakat yang dia miliki dengan cara
masuk tersebut makamengizinkan dia akan terbuka untuk anda mudah mudahan
bermanfaat tidak perlu menyerah karena bisa jadi adalah orang yang bisa
menolong masa depan dia.
P2
Ari Yunanda,
Sijunjung, Sumatera Barat.
Menurut Pengalaman
Bapak, Apakah semua guru berpotensi untuk menjadi guru SADAR , meskipun
dengan latar
belakang tipe sebelumnya sebagai guru
BAYAR dan guru NYASAR.
J2
Baik pertanyaan
yang bagus dari bapak Ari Yunanda Sijunjung Sumatera Barat apakah semua guru
berpotensi untuk menjadi guru sadar.
Meskipun latar belakang tipe sebelumnya adalah bayar atau nyasar semua
guru berpotensi untuk jadi guru sadar. Itu sangat terkait dengan bagaimana dia
meluruskan niat, meluruskan keinginan yang kuat. Karena pada dasarnya guru sadar sangat
terkait dengan latar depan bukan latar belakang. Latar belakang bisa jadi dia dari latar bukan
keguruan keilmuannya mungkin bisa jadi tidak sesuai dengan yang diajarkan saat
ini. Namun karena dia sadar dia mau belajar memperbaiki diri. Belajar metode-metode yang tepat kemudian dia
belajar banyak ilmu maka dia bisa menjadi seorang guru sadar.
Seorang guru yang
bayar atau nyasar susah untuk menjadi guru sadar manakala dia tidak berani
keluar dari zona kenyamanan mereka.
Sekali lagi guru sadar adalah seorang guru yang memiliki sebuah niat
yang mulia bukan sekedar bayaran, bukan sekedar mengisi waktu luang dan
insyaallah guru- guru yang punya potensi terus belajar mengabdi, melayani,
berkontribusi. Lambat laun dia akan menjadi seorang guru sadar yang dirindukan,
dinantikan dan menjadi inspirasi bagi murid muridnya. Insyaallah mudah mudahan pak ari nanda dan
semua yang ada di grup ini menjadi guru sadar yang hadirnya menyenangkan pulang
dirindukan terima kasih.
P3
Ass wr wb Bp Mr
Sugesti Indonesia,
Bertanya, kata
Francis Bacon pengetahun adalah kekuatan namun yg benar adalah penget adalh
kekuatan saat
diterapkan, nah bgmn jika dikaitkan dg MGM
Bu Iez Lumajang
J3
Baik pertanyaannya
bagus pengetahuan adalah kekuatan namun yang bener adalah pengetahuan kekuatan
saat diterapkan betul semua ilmu akan menjadi nyata manakala di aplikasi dan
bukan berada di rak perpustakaan di lab penelitian semua keilmuan pada dasarnya
sepuluh persen ide sembilan puluh persen aksi aksi inilah yang menjadikan
sebuah pengetahuan menjadi bermanfaat karenanya guru guru hebat pada dasarnya
adalah guru guru yang mempraktekkan mengaplikasikan dan memperbaiki serta
mengevaluasi diri sehingga mampumenjadi guru yang diidolakan oleh anak didiknya
saya sepakat pengetahuan yang hebat adalah pengetahuan yang diterapkan sehingga
memiliki sebuah kekuatan terima kasih.
P4
Selamt malam pak
Aris, kali ga salah dengar sepertinya label hampir sama dengan apresiasi ya,
apa petbedaanya,
apa perbedaannya? Lusia
J4
Baik pertanyaan
tentang label sama dengan apresiasi label adalah bagian dari apresiasi jadi di
antara cara mengapresiasi adalah memberikan label positif jadi apresiasi itu
banyak cara di antaranya adalah memberikan label atau di antara yang lain
adalah menghargai dengan segera ketika proses berjalan tidak menunggu hasil
akhir atau memberikan peluang kepada mereka untuk menjadi duta sekolah nah itu
adalah bagian bagian contoh dari apresiasi jadi sekali lagi label adalah bagian
dari apresiasi terutama label positif.
P5
Saya tertarik
memperdalam tentang pintu yang tidak mengijinkan. Kadang siswa lebih sulit jika
terhasut untuk tidak suka gurunya dari teman temannya. Sehingga mereka pun
menyepelekan guru didepan kelas. Adakah
tips jitu lainnya pak?
Ridwan Nurhadi
J5
Sebuah pertanyaan
yang bagus dari pak ridwan nurhadi kadang siswa sulit untuk menerima guru
karena hasutan dari temen temannya nah ini betul itu yang tidak makan persepsi
persepsi adalah bagaimana tanggapan umum yang diberikan oleh siswa siswi
terhadap guru dan itu akan menjadi pt tular keyakinan atas bagaimana persepsi
guru itu dibangun apakah dia guru yang menyenangkan guru yang menarik atau guru
yang menyebalkan sehingga persepsi ini harus dirubah dengan kondisi guru yang
sesungguhnya kalau persepsinya sudah salah sudah jelek sudah kurang bagus dan
akhirnya terbukti maka itu akan menguatkan bahwa informasi dan hasutan dari
temannya adalah informasi yang bener namun sebaliknya ketika kita bisa
melakukan sebaliknya dari hasutan dari sebagian temen temen yang ada di kelas
maka yang terjadi adalah orang orang tersebut akan mendukung kitaternyata kita
tidak sebagaimana yang diceritakan oleh temen temannya seperti itu jadi
tetaplah berbuat baik tetaplah optimis dan tetaplah melakukan pembelajaran yang
menarik dan menyenangkan karena itu akan membangun persepsi baru siape anda
yang sesungguhnya mudah mudahan bermanfaat.
P6
Assalamaualaiakum.
Salam Hebat....Bagimana caranya menguasai emosi kita dalam rangka mengajarkan
kebaikan kepada peserta didik? Secara teori
memang gampang tapi implementasinya agak sulit. Mohon pencerahannnya! Wassalam
Supyanto Kota Bekasi.
J6
Baik sebuah
pertanyaan yang bagus bagaimana cara menguasai emosi dalam mengajarkan kebaikan
kepada anak didik secara teori gampang namun menurut saya sangat sulit dari pak
supriyanto bekasi baik apa yang kita yakini itu yang juga tervisualisasi kan
jadi ketika kita berkata bahwa teori gampang namun prakteknya sulit itulah yang
terjadi karena kita adalah sebagaimana apa yang ada dalam pikiran kita yang
harus terjadi adalah menguasai emosi kita mengajarkan kebaikan kepada anak
didik memang dimulai dari bagaimana kesadaran kita menjadi guru sadar dan bukan
menjadi guru nyasar atau guru bayar pada prinsipnya anak jaman now berbeda
dengan kitab era kita kita harus mengerti sebelum ini dimengerti mampu merubah
di menjadi sebelumnya adalah ingin dihargai maka kita saatnya menghargai ingin
didengarkan saatnya mendengarkan ingin dilayani saatnya melayani karena pada
dasarnya sifat dasar murid kita adalah dia menyukai guru yang menghargai mereka
dia menyenangi guru yang penyampaiannya adalah menarik dan menyenangkan ketika
kita diterima maka apapun yang kita bawa insyaallah diterima oleh murid kita
jadi pada pada prinsipnya tidak ada anak nakal atau anak bandel ini yang perlu
kita pahami semua ke fitrahnya baik yang ada adalah anak yang kurang mampu
mendapatkan dicinta sehingga dia tidak bisa menerima nasihat dari orang orang
di sekitarnya dan dia mencoba mencari perhatian dengan cara berbuat yang tidak
baik dan cara itulah yang paling mudah dia peroleh untuk mendapatkan perhatian
dan bukan dengan prestasi mudah mudahan kita bisakembali lebih detail tentang
bagaimana mengelola emosi memperbesar kapasitas diri sentuhan emas dan ini
adalah penting bagi para guru.
P7
Selamat Malam
Bapak mohon ijin bertanya terkadang kalau kita sudah berusaha dan memang kita
berbeda dalam memperlakukan anak dan membuat anak terkadang mencintai dan
merindukan kita dikira kita tebar pesona. Maaf padahal jiwa kita ya seperti
itu. Tidak pernah terbersit satu kalimat / niat untuk membenci dan berkata yang
tidak layak kepada murid. Karena memang kita ingin dikenang Murid sebagai
pribadi yang baik. Karena kita juga panutan bagi mereka. Mohon saran apa yg
bisa kita lakukan.
Prihariyani _
Semarang
J7
Baik ibu
Priharyani dari semarang tenang bu ketika murid murid mencintai kita merindukan
kita menjadikan kita menjadi bagian dari kehebatan mereka maka mmm anjing
menggonggong kafilah tetap berlalu mengapa gol yang kita lakukan tidak
menjadikan semua penonton bahagia itu yang perlu ibu pahami ketika gol yang
kita lakukan sebagian bahagia sebagian susah tergantung dari dia mendukung kita
atau tidak yang mendukung akan bertepuk tangan dengan gol yang kita ciptakan
namun yang tidak mendukung tentu akan sedih karena gol yang kita lakukan
intinya adalah tetaplah menjadi guru yang baik tetaplah menjadi guru yang hebat
karena pada dasarnya itulah yang akan dikenang oleh murid murid kita jadi
sekali lagi tetaplah menjadi guru yang mempesona apa pun kata orang bahwa anda
tebar pesona anda cari muka atau anda penjilat silahkan karena pada dasarnya
pemain lah yang menciptakan sejarah dan penonton hanya menyaksikan
terjadisejarah dan anda adalah pemain yang menciptakan sejarah bagi kehebatan
murid murid anda semoga bermanfaat.
P8
Assalaamu'alaikum
pak Aris...sy guru sma mapel fisika pak..sy pernah mencoba games spy ank2 tdk
tegang trs tp ank2 kok tdk suka ya pak? Bagaimana solusinya? Sri Indayani
lamongan
J8
Oke
waaalaikumsalam ibu sri indaryani betul sebagian mungkin kita memilih game nya
atau tiba tiba memberikan game yang kaku jadi anak anak kaget tumben begitu
jadi pada dasarnya inti dasar jiwa manusia adalah menyukai permainan karenanya
perlu dipilihkan permainan yang cocok sesuai dengan usia mereka permainan yang
mmm sesuai dengan kondisi dan dan itu perlu banyak belajar bisa dilihat dari
youtube banyak sekali jadi jangan sampe game paud kita terapkan untuk anak anak
eh smp atau sma tentu mereka merasa kok aneh gitu ya jadi jamnya juga harus
disesuaikan sepengetahuan saya selama ini ketika berhadapan dengan ataupun
mahasiswa bahkan mereka suka dengan game catatannya adalah game nya harus keep
yang sesuai dengan usia mereka menyenangkan sesuai dengan situasi dan kondisi
dan yang terpenting adalah kita juga harus menjadi pribadi yang bahagia dalam
menyampaikan game itu sendiri jangan sampeingin membuat mereka bahagia kita
sedih dalam kondisi yang kurang bahagia silakan dibuka di channel youtube saya
di situ ada tip dressnya mudah mudahan bermanfaat.
P9
Assalamualaikum..
sang motivator yang super..ada guru yg senantiasa menjdikan siswanya
berprestasi, tpi akhirnya karena ia sibuk membut siswa berprestasi sang guru
tdk dpt ikut lomba guru yg berprestasi..ada juga tipe guru yg berprestasi tetpi
ia tdk mampu menjdikan siswanya berprestasi...tanggapan anda terhadap kasus ini
bagaimana?
Trims..Andy
-Beltim, kep.babel
J9
Baik pertanyaan
dari saudara Andy -Beltim, kep.babel bagaimana seorang guru yang mampu
menjadikan siswanya berprestasi namun dia sendiri tidak dapat ikut prestasi
namun juga ada tipe guru yang berprestasi tapi tidak mampu menjadikan siswanya
berprestasi sebenarnya ini adalah mmm pola manajemen saja guru yang berprestasi
itu bagus tapi kenapa dia menyatakan siswa investasi bisa jadi dia mampu
memahami keilmuannya namun belum mampu menyampaikan pembelajaran secara baik
dan menyenangkan untuk siswa siswinya sehingga dia menyukai pelajaran yang
disampaikan namun cara menyampaikannya tidak menyenangkan akhirnya murid tidak
berprestasi yang pertama guru mampu menciptakan anak berprestasi namun dia
tidak sempat ikut lomba berprestasi ini manajemen waktu saja dia harus tahu
semua ada aturannya walaupun dia berprestasi tapi kalau tidakprasyarat guru
berprestasi ya jelas tidak bisa nah itu ikut aja persyaratan syaratnya
insyaallah dia pun suatu hari nabi mampu menjadi guru berprestasi yang
menciptakan anak murid yang berprestasi seperti itu.
P10
Ass pa Aris,
bagaimana menjadi guru motivator belajar bagi anak yang malas belajar sering masa bidoh dan suka
mengganggu teman waktu belajar dan gaduh, simon Anunu Kupang NTT S.
J10
Oke dari pak simon
anune kupang ini sebenarnya sudah dijelaskan di atas. Anak yang malas belajar
masa bodoh dan suka mengganggu temen biasanya karena dia tertarik dengan
pelajarannya atau memang dia kurang tepat dengan jurusan yang dia pilih. Bisa jadi kalau memang SMA harusnya dia masuk
ke jurusan sosial tapi masuk jurusan ipa misalnya gitu tapi kalau emang di smp
atau sd mungkin karena kurang atau belum menemukan cara belajar yang baik dan
bener. Karena ada orang auditory ada
orang kristentik ada orang visual.
Guru juga harus
mampu memahami bagaimana mengenali anak auditori sehingga dia harus berada di
depan sehingga terdengar. Anak visual juga juga harus di depan sehingga dia
bisa melihat dengan jelas tapi kalau anak kienestetik harus di belakang kenapa
biar tidak mengganggu temen temannya yang ada di depan. Jadi pada dasarnya anak yang malas belajar atau
masa bodoh itu pada dasarnya karena dia belum menemukan cara yang tepat
bagaimana belajar atau dia disamaratakan dengan temen- temannya yang sudah
menemukan pola belajar yang baik dan bener.
Mudah mudahan guru
guru yang hadir di sini bisa belajar banyak dengan banyak belajar.
Dengan Bahasa
Cinta yang Cerdas, seorang Guru akan
mendapatkan Cinta dari Anak Didiknya
5 Bahasa Cinta
yang layak Anda pelajari dan Praktekkan....
Silahkan lihat
penjelasan satu per satu dari Bahasa Sentuhan Cinta.
1.
https://youtu.be/UAZ02bxlzyM Bahasa
cinta APRESIASI.
2.
https://youtu.be/39raqyvipcE Bahasa Cinta KOMITMEN dan Keteladanan
3.
https://youtu.be/AdXLTi1-pPs Bahasa Cinta TEMUKAN KEUNGGULAN SISWA
4.
https://youtu.be/U8uyPVhRFTQ Bahasa Cinta HUBUNGAN INTERPERSONAL
5.
https://youtu.be/xVBnh4TsPgw Bahasa Cinta HARGAI HAL HAL KECIL
SILAHKAN KLIK,
SUBSCRIBE DAN SHARE
Mr Sugesti
Indonesia
Guru hebat yang
luar biasa anda adalah manusia surga yang dititipkan oleh Allah di bumi ini
sehingga peran seorang guru untuk menjadi guru idola guru favorit guru menarik
dan menyenangkan adalah peran yang sangat sangat penting apapun pelajaran yang
anda bawa maka murid anda akan melihat siape yang membawanya yaitu anda
karenanya selamat menjadi seorang guru yang dicintai menjadi seorang guru yang
dirindukan menjadi seorang guru yang menginspirasi dan menjadi orang guru yang
menjadi bagian dari sejarah menjadi history bagi murid murid anda dan bukan
sekedar menjadi seorang guru yang hanya menjadi story ataupun cerita selamat
berjuang selamat menjadi bagian hebat dari kehidupan yang hebat atas masa depan
murid murid anda sehat
Mr. Sugesti
indonesia asalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar